segudang Informasi seputar kehidupan annda dan keluarga.

Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI
×
Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI

3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris - Hallo sahabat Wisata Nusantara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Genre, Artikel Writing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris
link : 3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Baca juga


3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Descriptive Text adalah sebuah teks atau tulisan yang menjelaskan dan menggambarkan mengenai seperti apakah orang atau suatu benda dideskripsikan, baik itu bentuk, karakteristik, sifat, jumlah, dan lain-lain.

Hematnya, descriptive text adalah suatu tulisan atau teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda mati seperti rumah, mobil dan lain sebagainya.

Tujuan dari descriptive text adalah untuk menggambarkan segala sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat yang melekat padanya, seperti ; ukuran, jenis, warna, dan sebagainya, sehingga pembaca dapat mengetahui seperti apa sesuatu itu melalui gambaran yang di sampaikan meskipun pembaca tersebut belum pernah melihatnya.


Generic Structure of Descriptive Text


Sama halnya dengan jenis/genre text lainnya, descriptive text pun memiliki aturan tertentu dalam penulisannya, berikut susunan dan aturannya :


1. Identification


Bagian ini berada pada paragraf pertama, tujuannya untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan.

Lebih jelasnya, indentification berfungsi untuk memperkenalkan suatu objek yang digambarkan kepada pembaca sebelum mendeskripsikan segala sesuatu mengenai objek tersebut.

Hal ini dilakukan agar maksud dari text tersebut tersampaikan dengan jelas serta tidak membuat pembaca salah dalam memahaminya.

Misalnya saja, kita mau menggambarkan/mendeskripsikan sebuah smartphone, tapi pembaca justru mengiranya laptop.

Contoh :

Anda diminta untuk menggambarkan smartphone yang baru dimiliki.

Maka isi Identification-nya adalah sebagai berikut :

Ayahku baru saja membelikan smartphone baru. Smartphone ini sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang ayahku membelikannya. (Berarti yang akan digambarkan adalah smartphone yang Anda miliki, bukan smartphone orang lain atau smartphone yang tidak Anda miliki sama sekali).


2. Description


Bagian ini berada pada paragraf kedua, dan seterusnya yang berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah/baru saja Anda kenalkan pada pembaca dalam paragraf pertama (Indetification).

Misal (melanjutkan tentang smartphone di atas) :

Smartphone baru yang Saya miliki ini merupakan smartphone keluaran terbaru dari Samsung. Layarnya berukuran 5.1" (1080x1920 pixels) dengan resolusi kamera sebesar 16 MP. OS yang digunakan smartphone keluaran terbaru dari Samsung ini menggunakan OS Android KitKat dan bisa di upgrade ke OS Lollipop.


Ciri dari Descriptive Text


1. Menggunakan Simple Present Tense

Seperti dalam pengertiannya, descriptive text merupakan suatu gambaran mengenai sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang.

Maka tenses yang digunakannya adalah Simple Present Tense, yang mana salah satu fungsi dari simple present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas).

Ingat! selalu gunakan Simple Present Tense (kata kerja bentuk pertama) ketika Anda membuat sebuah descriptive text.

Misalnya, Anda akan menggambarkan sifat-sifat dari smartphone baru yang dimiliki :

The color of my smartphone is black.


2. Banyak menggunakan kata sifat (Adjective)


Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti :

  • Handsome,
  • Beautiful,
  • Tall,
  • Small,
  • Big, etc.


Atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati sejumlah tambahan dibelakangnya seperti :

  • -ve,
  • -ing,
  • -nt


Contoh :

  • Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
  • Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik).



3. Menggunakan Relating Verb (kata kerja penghubung)


Dalam descriptive text kita juga akan sering menjumpai relating verb (kata kerja penghubung) yaitu is (seperti pada ciri nomor 1).

Is dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan "adalah".

Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menjumpai kata "adalah" (is).

Contoh :

His name is Rudy (namanya adalah Rudy), his height is 165 cm (tingginya adalah 165 cm).


Contoh 1. Descriptive - Britain's Biggest City


London City

London is Britain's biggest city. It is a very old city and dates back to the Romans. It is a city of beautiful buildings and churches, and it has many beautiful parks. It also has some of the best museums in the world.

London is very crowded in summer. It is a popular city with foreign tourists, and has more than eighty million visitors a year. The city is famous for its shopping and gas many excellent department stores.

London has an excellent underground railway system, so it is easy for tourists to get around.

There are plenty of good restaurants in London. You can get excellent British food, and London has lots of good Indian, Chinese, Japanese, French, Italian, and Greek restaurant.


Contoh 2. Descriptive Text - The Golden Gate Bridge


The Golden Gate Bridge in California
The Golden Gate Bridge, California - Photo by Ali Seifert

The Golden Gate Bridge is a suspension bridge spanning the Golden Gate, the opening of the San Francisco Bay onto the Pacific Ocean. As part of both US Highway 101 and California Route 1, it connects the city of San Francisco on the northern tip of the San Francisco Peninsula to Marin County.

The Golden Gate Bridge had the longest suspension bridge span in the world when it was completed in 1937 and has become an internationally recognized symbol of San Francisco and California.

Since its completion, the span length has been surpassed by eight other bridges. It still has the second longest suspension bridge main span in the United States, after the Verrazano-Narrows Bridge in New York City.

In 2007, it was ranked fifth on the List of America's Favorite Architecture by the American Institute of Architects.


Contoh 3. Descriptive Text - My Mom


My Mom
My Mom - Image Designed by Freepik

Silvia Edith is my mom. She is very important to me, because she teaches me to be better every day. She is a good example to me, and I love her for many more reasons.

My mom is 40 years old, but she doesn't look like it. She is medium of height. Her hair is short, wavy, and blondy. Her eyes are small and brown. Her skin is soft and white. She has a beautiful smile. Some people say I look like her when she was teenager.

My mother has many talents and very diligent. She can type on a computer very fast, she likes to dance and cook.

My mom works as a junior high school teacher. She likes to teach in her areas, which are science and geography. She loves to teach because she says it was her dream when she was a child. Also, she says she learns when she teaches other people.

She works hard every day because she loves her work and she likes to learn something new every day.


Demikianlah Artikel saya tentang :3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Sekianlah artikelnya 3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa.

Anda sekarang membaca artikel 3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris dengan alamat link https://hometravelist.blogspot.com/2016/02/3-contoh-descriptive-text-dalam-bahasa.html
Tag : Genre, Writing
0 Komentar untuk "3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris"

Back To Top